Gejala Terserang Kanker Otak

Gejala Terserang Kanker Otak - Penjelasan tentang penyakit kanker otak. Gejala apa saja dan tanda-tandanya bagaimana? Bagaimana cara penyembuhanya dan bagaimana pula cara mencegahnya? Setelah timbul pertanyaan-pertanyaan tersebut maka Ananlisa.blogspot.com mencoba mencari informasi Gejala Terserang Kanker Otak dari Dokter Specialis Bedah Saraf . Silahkan simak Gejala Terserang Kanker Otak di bawah ini.

Gejala Terserang Kanker Otak

Gejala Terserang Kanker Otak
Gejala Terserang Kanker Otak

     Sebelum menjelaskan mengenai kanker otak, kita perlu sepaham mengenai istilah kanker dan tumor. Dua  istilah yang akrab ditelinga kita, namun ada sebagian besar masyarakat menganggap dua penyakit itu sebagai dua hal yang berbeda.

      Untuk mempermudah penjelasan, pada dasarnya tumor di bagi menjadi dua jenis yaitu tumor jinak dsn tumor ganas. Praktisi menyebut tumor ganas dengan sebutan kanker. Jadi kanker adalah istilah lain dari tumor ganas.

     Kanker otak (tumor ganas di otak), disebabkan adanya kelainan pada jaringan yang ada di otak. Kelainan itu menyebabkan bagian-bagian tertentu pada otak tumbuh, berkembang secara cepat atau tak sesuai dengan tahap-tahapan yang sewajarnya.

      Akibat perkembangan yang tak normal itu, terjadi penambahan volume otak yang dari waktu ke waktu makin membesar, padahal rongga di dalam otak ukuranya tak bertambah. Tekanan otak di rongga kepala yang makin meningkat (intrakranial) itulah yamg pada akhirnya mengganggu sistem lain di dalam otak.

      Kanker yang dironga otak itu derajatnya semakin besar dan berat dari waktu ke waktu jika tidak segera ditangani. Selanjutnya, timbul gejala pertama seperti nyeri di kepala, rasa nyeri berbeda dengan sakit pusing. Nyeri di kepala itu insitasnya sering terjadi pada pagi hari.

     Kemudian di susul dengan muntah-muntah. Muntah itu bukan karena makanan tetapi efek dari nyeri di kepala berkepanjangan. Muntah-muntah dari waktu ke waktu semakin dasyat sebab mengalami peningkatan tekanan Intraknial Utama.

      Perlu diketahui juga, serangan kanker itu bisa juga di lihat dari lokasi dimana tumor gana itu menyerang otak. Bagian otak yang terserang itu mengakibatkan efek seperti penglihatan makin kabur dari waktu ke waktu.

     Akibat serangan itu pula penderita kanker otak bisa mengalami kejang-kejang, ucapan yang tidak jelas, kesulitan menelan makanan, bibr perot, hingga gerak yang tidak sempurna merupakan gejala yang paling sering dijumpai pada penderita kanker otak.

      Namun ada juga tumor yang tak membesar dan berukuran kecil namun sangat ganas. Jadi ukuran benjolan / pembengkakan berukuran besar belum tentu tumor ganas atau kanker. Pada kasus tertentu, bisa jadi hanya berukuran  seperti tahi lalat namun sangat berbahaya.

     Untuk penyembuhan kanker otak tentu saja dilakukan dengan tahap-tahap medis. Namun tetap saja melihat pertimbangan apakah tumor jinak tau ganas. Sbab pada kasus ada juga tumor ganas itu menyerang otak di bagian dalam (tidak dipermukaan otak) sehingga oprasi untuk mengambilnya membutuhkan sarana medis yang ekstra canggih.

     Dokter akan menggunakan teknik diagnostik dan pengobatan untuk mengusahakan harapan hidup bagi para pasien tumor otak dengan kemampuan deteksi dini; kemampuan mengetahui dengan cepat dan tepat dimana lokasi tumor di otak; keunggulan teknologi diagnostik dan terapi (operasi) seperti CT-Scan, MRI (Magnetic Resonance Image).

      Untuk pencegahan kanker, hingga saat ini masih di lakukan pengkajian mengenai apa saja yang memicu serta bagaimana mencegahnya. Hanya saja belum di ketahui pasti mengenai hal itu.

Demikian penjelasan singkat dari Ananlisa.blogspot.com semoga bisa bermanfaat juga untuk para pembaca lain. JIka Sobat menemui gejala serupa, bisa mengkonsultasikan pada Dokter Sobat.

Sumber Informasi: Dokter Specialis Bedah Saraf

Simak juga informasi-informasi Ananlisa.blogspot.com lainya.

0 Response to "Gejala Terserang Kanker Otak"

Posting Komentar